AMD Frame Rate Target Control Solusi Hemat Daya Nan Effisien

Frame Rate Target Control, seperti namanya fitur ini adalah dimana kita bisa membatasi kinerja kartu grafis ke tingkat yang kita tentukan sendiri, sedikit penjelasanya terkadang FPS yang dihasilkan ketika bermain game melebihi hingga melebihi 60 fps hingga 120 fps, namun jika anda menggunakan monitor 60Hz maka fps yang diatas 60 hingga 120 FPS tersebut tidak dapat anda rasakan perbedaanya, dan tentunya kartu grafis anda akan berkerja lebih keras hingga membutuhkan konsumsi daya serta menambah panas chip kartu grafis anda.
maka disini kita akan membahas fitur tersebut

Pengujuan Frame Rate Target Control
 
Pengujian Menggunakan AMD Radeon 390x Sapphire Tri-X Radeon untuk mengamati dampak FRTC pada krtu grafis ini video. Pengujian dilakukan pada Haven Valey Benchmark  pada resolusi 1440p dan mengukur tingkat penggunaan daya dengan 3 sesi yaitu FRTC off60 fps, dan 75 fps.

Untuk mendapatkan hasil yang baik pada setiap tingkat noise dan penambahan suhu kartu grafis, Benchmark menggunakan Haven Valey Benchmark di setting medium dengan durasi 15 menit di setiap sesi dan mencatat tingkat desibel maksimum noise dan suhu maskimal kartu grafis


Hasil Pengujian FPS Haven Valey Benchmark
Dengan Frame Rate Target OFF di Haven Valey Benchmark Setting Medium di 1440p terlihat di tabel diatas frame rate Target dapat meminimalkan tingkat panas pada kartu grafis. terlihat ketika di batasi 60FPS dapat menurutkan suhu ke tinggkat 61 derajat, dan di 75fps dapat menurunkan hingga 67 derajat dibandingkan tanpat FRTC yang memiliki panas 71derajat pada saat full load

Hasil Pengujian Tingkat Noise Haven Valey Benchmark
Pada Penngujian ini, terlihat dari tabel diatas. Fitur FRTC ini juga dapat menurunkan tingkat kebisingan pada kipas kartu grafis yang mungkin menganggu, fitur ini dapat menurunkan noisel evel ke 59dB dari 65@FRTC OFF, dibandingkan dengan load di 75FPS ini hanya menurunkan sekitar 3dB.

Kesimpulan
Terlihat dari beberapa pengujian diatas tingkat suhu serta tingkat noise dapat turun. sehingga membuat hardware anda bisa berkerja dengan effisien. ini sangat direkomendasikan untuk monitor anda yang hanya memiliki frekuensi 60hz hingga 75hz yang bisa menurunkan tingkat konsumsi listrik dan anda tidak perlu pusing lagi memikirkan tagihan listrik.

sayang sekali di sini tidak membahas tingkat konsumsi daya, tapi jangan khawatir anda bisa melihatnya di artikel terkait dari PCWORLD :
http://www.pcworld.com/article/2942163/tested-amds-frame-rate-target-control-delivers-real-benefits-for-radeon-gamers.html
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments: